Thanks for Visiting Our Blog

Senin, 04 April 2011

JENIS JENIS ALARM TRAFO


Oil Level transformer Low Alarm
Indikasi ini menunjukkan bahwa minyak transformer yang ada dalam tangki trafo berkurang, sehingga alat ukur permukaan minyak(level) mengerjakan kontak dan mengirim alarm ke panel kontral dan di panel control muncul sinyal oil level transformer low alarm serta membunyikan bel (kontak penggerak untuk memberikan sinyal dan alarm bekerja).
Oil Level OLTC Low Alarm
Indikasi ini menunjukkan bahwa minyak yang ada di dalam tangki tap charger berkurang, sehingga alat ukur permukaan minyak(level) mengerjakan kontak dan mengirim alarm ke panel kontral, dan di panel control muncul sinyal oil level OLTC low alarm serta membunyikan bel (kontak penggerak untuk memberikan sinyal dan alarm bekerja)
Bucholtz Alarm
Indikasi ini menunjukkan bahwa kontak relai Bucholz untuk alarm bekerja (kontak relai Bucholtz ada dua ,satu alarm dan yang satunya trip).Bekerjanya disebabkan beberapa kejadian yaitu: Jika di di dalam trafo ada gas yang disebabkan oleh adanya panas lebih sehingga terjadi gelembung-gelembung gas yang terakumulasi sampai nilai tertentu (300 - 350 cm3).Gas tersebut menekan pelampung untuk kontak alarm, dan mengirim sinyal ke panel control dan di pnel timbul sinyal Bucholtz alarm dan bel berbunyi.Jika di dalam trafo terjadi partial discharge pada isolasi, maka akan terjadi gelembung gas maka timbul Bucholtz alarm dan bel berbunyi.Jika minyak di dalam trafo bocor sehingga sampai tingakat permukaan relai Bucholtz, maka apabila pelampung atas sudah tidak terendam minyak, maka kontak Bucholtz alarm akan tertutup dan memberikan sinyal Bucholtz alarm dan bel berbunyi.



Winding Temperature Alarm
Winding Primer
Indikasi ini menunjukkan bahwa suhu (temperature) kumparan primer panas melebihi setting alarm thermometer (misalnya 85⁰C) dn suhu trafo mencapai 85⁰C  maka kontak alarm pada thermometer akan tertutup dan mengirim sinyal alarm ke panel control winding primer alarm serta bel berbunyi.
Winding Sekunder
Indikasi ini menunjukkan bahwa uhu (temperature) kumpran primer panas melebihi setting alarm thermometer (misalnya 85⁰C) dn suhu trafo mencapai 85⁰C  maka kontak alarm pada thermometer akan tertutup dan mengirim sinyal alarm ke panel control winding sekunder alarm serta bel berbunyi.
OLTC Voltage Regulator Alarm
Pengaturan setting tegangan pada peralatan regulator tidak sesuai dengan tegangan yang diminta, maka relai regulator tegangan akan memberikan sinyal ke panel control dan member sinyal OLTC voltage regulator alarm serta bel berbunyi.
Transformer Cooling fault Alarm
Indkasi ini menunjukkan bahwa system pendingan (kipas atau pompa minyak sirkulasi ada gangguan) yaitu:saklar termis untuk pasokan motor kipas pendingin (trip) lepas sehingga motor tidak berputar dan saklar termis tersebut kontak bantunya tertutup dan memberikan sinyal ke panel control transformer cooling fault alarm dan bel berbunyi.Pompa sirkulasi minyak tidak bekerja/berputar aklar termis untuk pasokan motor pompa minyak pendingin trip(lepas) sehingga motor tidak berputar dan saklar termis tersebut kontak bantunya menutup dan memberikan sinyal ke panel control transformer cooling fault alarm dan bel berbunyi.


Marshalling Kios Fault Alarm
Indikasi tersebut menunjukkan terjadi gaangguan sumber arus bolak balik 220/380V, yaitu saklar sumber tegangan AC 220/380V trip, sehingga bay tersebut tidak ada pasokan AC, dan saklar tersebut kontak bantunya menutup dan mengirim sinyal gangguan ke panel control sehingga timbul sinyal marshalling kios fault alarm dan bel berbunyi.
Fire Protection Out of Service Alarm
Indikasi ini menunjukkan bahwa system pemadam api transformator tidak siap bekerja (out of service) yaitu akibat saklar DC 110V sumber pasokan untuk system instalasi pemadam api trip(tidak masuk), sehingga kontak bantunya menutup dan mengirim sinyal ke panel control dengan indikasi fire protection out of service alarm dan bel berbunyi.
Bucholtz Trip
a.Indikasi ini menunjukkan bahwa relai bucholtz bekerja menjatuhkan PMT (trip) yang disebabkan oleh : gangguan yang serius atau hubung singkat lilitan trafo/kumparan trafo sehingga terjadi penguraian minyak dan bahan isolasi lain serta menimbulkan gas dan aliran minyak dari trafo ke relai bucholtz,sehingga kontak relai bekerja mengirim sinyal ke PMT primer dan sekunder, memberikan sinyal alarm bucholtz trip dan membunyikan bel.
b.Gangguan minyak trafo bocor sehingga terjadi penurunan permukaan minyak sampai level yang minimum (sebelumnya terjadi alarm bucholtz), sehingga kontak relai bekerja mengirim sinyal trip ke PMT primer dan sekunder,memberikan sinyal alarm bucholtz dan bel berbunyi.
c.Terjadi gangguan alam contohnya gempa bumi yang besar, sehingga terjadi goncangan minyak di dalam trafo, maupun relai bucholtz, dan kontak relai menutup memberikan sinyal trip PMT primer dan sekunder dan sinyal bucholtz trip bel atau klakson bunyi.

Oil Temperature Trip
Indikasi ini menunjukkan bahwa minyak trafo panas melebihi setting pengaman temperature,sehingga kontak thermometer untuk trip menutup memberikan sinyal  untuk menjatuhkan PMT primer dan sekunder dan mengirim sinyal ke panel control bucholtz trip dan bel berbunyi.
Winding Temperature Trip
Indikasi ini menunjukkan bahwa winding atau kumparan trafo panas yang melebihi setting pengaman temperature,sehingga kontak temperature untuk trip menutup memberikan sinyal guna menjatuhkan PMT primer dan sekunder dan mengirim sinyal ke panel control bucholtz trip dan bel berbunyi.
Protection Device OLTC Trip
Indikasi ini menunjukkan relai Jansen dan atau pengaman OLTC bekerja, akibat terjadi breakdown isolasi pada wadah tap changer atau ketidaknormalan operasi tap changer atau terjadi tahanan pengalih putus, maka akan menberikan sinyal trip PMT primer dan sekunder dan sinyal ke panel protection device OLTC trip dan bel berbunyi.
Pressure Relief Device Transformer Trip
Indikasi ini menunjukkan terjadi gangguan di dalam trafo, misalnya hubung singkat lilitan /kumparan sehingga terjadi tekanan hidrolik di dalam trafo.Tekanan didistribusikan ke semua arah di dalam trafo yang akan mendorong dinding trafo, jika tekanan yang terjadi melebihi kemampuan gaya dorong relai sudden pressure (10 psi) maka katup piringan akan terdorong dan mengerjakan limit switch relai, memberikan sinyal trip ke PMT primer dan sekunder serta sinyal ke panel control pressure relief device dan bel berbunyi.
Fire Protection Operated Trip
Indikasi ini menunjukkan ada gangguan fire protection trafo bekerja, yaitu ada indikasi kebakaran trafo, dan PMT trafo trip,bucholtz bekerja,fire detector bekerja, maka pemadam api memberikan sinyal untuk mengerjakan system pemadam api bekerja yaitu membuang sebagian permukaan minyak, kurang lebih 15 cm dari deksel atas,menutup shutter,memasukkan nitrogen bertekanan, dan mengaduk minyak di dalam tangki trafo, yang akhirnya api yang berkobar dapat padam dan mengirim sinyal ke panel control pemadam atau panel control fire protection operated dan bel berbunyi.
Circuit Breaker 20kV Open
 Indikasi ini menunjukan bahwa pada kubikel 20kV ada yang trip,PMT yang trip tersebut memberikan sinyal ke panel control circuit breaker 20kV open dan bel berbunyi.
DC Supply Failure
Indikasi ini menunjukkan ada saklar DC 110V panel control atau proteksi pada panel trafo trip, dan kontak bnatu saklar DC tersebut memberikan sinyal DC supply failure dan bel berbunyi.
Main Protection Operated
Indikasi ini menunjukkan relai utama pengaman trafo (diferensial) bekerja, sehingga kontak ralai diferensial menutup dan mengirim sinyal untuk mentripkan PMT primer dan sekunder serta mengirim sinyal ke panel control main protection operated dan bel berbunyi.
Back up Protection Operated
Indikasi ini menunjukkan relai cadangan (backup) pengaman trafo (OCR,REF,SBEF) bekerja sehingga konta relai (OCR,REF,SBEF) menutup dan mengirim sinyal untuk mentripkan PMT primer dan sekunder serta mengirim sinyal ke panel control backup protection operated dan bel berbunyi.
Breaker Failure Operated
Indikasi menunjukkan relai breaker failure bekerja, kontak relai breaker menutup memberi sinyal trip pada PMT dn PMT yang lain yang satu rel (bus) dan mengirim sinyal ke panel control breaker failure operated dan bel berbunyi.
Healty Trip 1-2 Alarm
Indikasi menunjukkan ada gangguan system pemantau rangkaian trip PMT melihat ada ketidaknormalan (coil trip putus) dan mengirim alarm ke panel control healty 1-2 alarm dan bel berbunyi.
Transformer Fault Alarm Stage
Indikasi menunjukkan ada gangguan pada pengaman trafo (bucholtz,suhu tinggi,permukaan minyak) dan kontak relai tersebut mengirim sinyal alarm ke panel control transformer fault alarm stage dan bel berbunyi.
Transformer Fault Tripping Stage
Indikasi menunjukkan ada gangguan pada pengaman trafo (bucholtz,suhu tinggi,permukaan minyak,jansen, sudden pressure) dan kontak relai tersebut mengirim sinyal trip PMT primer dan sekunder dan sinyal ke panel control transformer fault tripping stage dan bel berbunyi.
Auto Reclose in Progress
Indikasi menunjukkan relai recloser bekerja pada waktu ada gangguan,kontak relai memberikan indikasi ke panel control autu reclose in progress dan bel berbunyi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar