Thanks for Visiting Our Blog

Selasa, 19 April 2011

Preamplifier atau Preamp

Preamplifier sering disebut preamp atau kontrol amplifier adalah sebuah alat elektronik ampli yang mengolah atau memproses sinyal elektronik sebelum masuk kedalam ampli. Sirkuit rangkaiannya bisa saja serumah dengan transducer (search di oksida.com jika tidak tahu ‘transducer’) sebelum ampli ataupun rangkaian terpisah.
Secara umumnya fungsi dari preamp atau preamplifier adalah meng-ampli atau menguatkan sinyal dari low level ke line level (search di oksida.com jika tidak tahu ‘line level’). Jadi sinyal yang keluar dari transducer masuk ke rangkaian preamp, dalam rangkaian tersebut memproses sinyal elektronik yang masuk, diolah ke level-level tertentu yang kemudian di teruskan kedalam rangkaian ampli induk.
Contoh-contoh sumber alat yang mengeluarkan sinyal low level, antara lain:
  • Pickup atau spul.
  • Microphone.
  • Turntable.
  • Atau alat-alat transducer lainnya.
Dalam audio sistem biasanya preamp mempunyai saklar pilihan tersendiri yang dapat kita pilih ke level-level tertentu, sesuai dengan yang kita inginkan. Ataupun preamp tersebut memiliki volume kontrol yang dapat diputar, sehingga level dapat dinaikan atau diturunkan sesuai dengan keinginan kita. Dalam audio sistem preamplifier juga sering kita sebut dengan istilah power amplifier atau power amp. Jadi dalam audio sistem kegunaan dari preamp adalah memboosting atau menaiikan suara.
contoh preamp
contoh preamp
Preamp tak hanya digunakan dalam audio sistem saja, dalam musik atau sebuah band dan recording fungsi preamp justru sangat penting sekali.  Dalam dunia musik preamp justru diproduksi secara profesional dan dengan harga yang cukup membikin kantong jadi kempes. Akan tetapi para musisi biasanya uang tak jadi masalah demi terciptanya suara-suara dan karakter nada sesuai dan pas dengan telinga musisi tersebut. Tak usah jauh-jauh bos… jika anda seorang gitaris maka anda tak segan-segan merogoh kantong untuk membeli efek gitar yang anda inginkan. Efek gitar termasuk dalam kategori preamp juga, karena berfungsi sebagai penguat transducer sebelum ampli gitar.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar